Pengertian Wirausaha
Pengertian dari Kewirausahaan menurut Hisrich-Peters (1995)
dalam buku Entreprenuership adalah entrepreneurship is the process of
creating something different with value by devoting the necessary time and
effort, assuming the accompanying financial, psychic, and social risks, and
receiving the resulting rewards of monetary and personal satisfaction and
independence. (artinya Kewirausahaan adalah proses menciptakan
sesuatu yang baru (kreatif), yang lain dari yang lainnya (inovatif) dengan
menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balas
jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi).
Pengertian Peluang Usaha
Peluang Usaha adalah sebuah kesempatan yang harus
dan bisa dimanfaatkan oleh seorang pemilik bisnis atau wirausaha demi
mendapatkan suatu tujuan tertentu yang diinginkan.
Pengertian Peluang Usaha menurut beberapa Ahli :
1. Arif F. Hadiparanata
Peluang usaha merupakan
sebuah resiko yang harus diambil dan dihadapi untuk mengelola dan mengatur
segala urusan yang ada hubungannya dengan finansial.
2.
Thomas W. Zimmerer
Peluang usaha merupakan
sebuah terapan yang terdiri dari kreativitas dan inovasi untuk memecahkan
masalah dan melihat kesempatan yang dihadapi setiap hari.
3.
Robbin and Coulter
Peluang usaha merupakan
sebuah proses yang melibatkan invidu atau kelompok yang menggunakan usaha dan
sarana tertentu untuk menciptakan suatu nilai tumbuh guna memenuhi sebuah
kebutuhan tanpa memperhatkan sumber daya yang digunakan.
Apakah Peluang Usaha = Ide Usaha ?
Simak
Video di bawah ini ….
Ciri-Ciri Peluang Usaha Yang Potensial
Ada banyak peluang usaha di sekitar kita, namun tidak semuanya
punya potensi yang menguntungkan untuk jangka panjang. Berikut ini adalah
beberapa ciri peluang usaha yang potensial:
·
Punya nilai jual
·
Bukan sekedar ambisi,
tapi sifatnya riil
·
Bisa bertahan lama dan
berkelanjutan
·
Bukan bisnis musiman
·
Skala usaha bisa
diperbesar
·
Modal memulainya tidak
terlalu besar
·
Bisnis tersebut
profitable
A. Analisa Partial
Analisa ini juga disebut dengan Analisis Partial Budgeting yang
dipakai untuk mengukur sejumlah perubahan dalam dunia usaha. Biasanya variabel
yang diteliti hanya yang kemungkinan berubahnya tinggi seperti biaya produksi,
penerimaan dan keuntungan.
Ini penting untuk mengukur potensi peningkatan keuntungan dan
kerugian usaha. Kasarannya calon pemilik usaha harus melakukan proyeksi
anggaran dulu supaya ke depan berbagai macam kerugian dan hambatan bisa
ditekan.
C. Analisa Komprehensif
Dalam pengertian peluang usaha, analisa komprehensif sangat
perlu. Analisa ini dilakukan secara menyeluruh. Adapun tahapannya adalah
sebagai berikut:
1. Kelayakan
Produk
Produk harus dipastikan memenuhi standar pasar. Kalau kita ingin
menjual gudeg kemasan misalnya, ketahanan gudeg, rasa setelah diawetkan dan
juga kemasannya juga sangat penting. Dilain pihak, analisa kelayakan produk ini
penting bila Anda ingin menentukan daya tarik calon pelanggan. Ini juga bisa
digunakan sebagai acuan untuk mengidentifikasi sumberdaya demi keperluan
produksi.
Yang terpenting cari data dari konsumen secara
langsung, apa yang mereka inginkan dan apa sebenarnya yang belum terpenuhi.
Sisi produksi juga harus dilihat, seberapa sulit dan sebarapa banyak bahan yang
dibutuhkan. Hal ini sering diidentikan dengan usability
testing dan concept
testing yang membahas
tentang ide, pangsa pasar, deskripsi barang, benefit produk untuk konsumen,
karakter yang membedakan produk dengan lainnya derta distribusi pemasannya.
Cara mudah untuk melakukan tes ini adalah dengan membuat
sejumlah kecil produk dan meminta kolega dan orang terdekat untuk mencobanya
kemudian melakukan evaluasi. Lebih baik tidak usah diberi tahu kalau ini produk
Anda supaya mendapatkan komentar jujur.
2. Kelayakan Industri
Nilai seluruh tampilan produknya. Pahami juga kemungkinan lain
seperi kompetitor yang siap menyalip produk Anda baik ini pendatang baru atau
yang sudah lama. Selain itu, daya tawar pembeli dan juga daya tawar pemasok
menjadi hal penting.
Nah karakteristik industri yang menarik memiliki faktor; 1) bisa
tumbuh dan besar, 2) Dibutuhkan konsumen, 3) Industry masih muda 4)
Margin yang besar dan 5) Pesaing masih sedikit.
Tapi tidak sedikit sebuah produk berhasil mengalahkan kompetitor
karena mereka membuat inovasi cemerlang.
3. Kelayakan Organisasi
Dalam hal ini Anda harus memikirkan hal-hal seperti; keahlian
menejemen, kompetensi organisasi Anda mulai dari karyawan hingga menejer dan
juga apakah Anda punya sumberdaya manusia yang cukup.
4.
Keuangan
Untuk menentukan peluang usaha yang pas, analisa keuangan tentu
saja perlu. Seberapa banyak uang kas yang dibutuhkan? Kinerja keuangannya
seperti apa? Apakah dengan bisnis ini ada kemungkinan keuntungan bertambah?
Nah, untuk seorang pebisnis pemula, memahami pengertian peluang
usaha sangatlah penting. Ada banyak sekali peluang usaha di luar sana. Namun
apakah semua menguntungkan? Tergantung.
Banyak sekali penjual nasi pecel, penjual sepatu, kerudung dan sebagainya. Akan
tetapi dengan berjubelnya pedagang seperti ini tentu saja mereka memiliki
penghasilan yang berbeda. Ini disebabkan oleh banyak faktor. Bisa saja salah
satu melakukan analisa secara mendalam sebelum membuka bisnis, dan yang lainnya
hanya sekedar memberi margin kemudian menjualnya begitu saja. Intinya asal
untung.
Contoh Peluang Usaha Saat ini :
Daftar
Pustaka
Nama : FAJAR ADHA
BalasHapusKelas : XI BKP 2
No.absen : 10
Nama:Dewi saputri
BalasHapusKelas: XI BKP II
NO.apsen:06
Nama: Hanas Riyan Radinata
BalasHapusKelas:xi BKP 2
No.absen: 17
Nama: Ine Kusumawardani
BalasHapusKelas: XI BKP 2
NO.Absen: 19